Security Exploit

-= Security Internet System =-

LightBlog
Learn New Skills Become A Pro Get Certified

Kamis, 18 April 2019

3 Cara Mengatasi BUG Website

Menggatasi BUG Website
"Assalammualaikum :) sahabat viewers jumpa lagi di blog sederhana ini..jadi kali ini saya inggin share tutorial/cara menggatasi BUG website walaupun saya bukan seorang Bug Hunter tetapi saya inggin berbagi ilmu walaupun saya juga masih kurang ilmunya :( apalagi cewe gak punya wkwkwkwkwkwk :V oke langsung aja ke cara-caranya...
   
"Ada kemungkinan pemberitahuan yang menyatakan bahwa web anda memiliki bug ternyata hanya berita palsu, tapi jangan menyepelekan juga jika ternyata memang benar web anda memiliki bug apalagi web anda sudah berkembang dengan bagus...
  


1. Backup Website

Tindakan paling penting yang harus anda lakukan yaitu melakukan backup ada menyimpan semua data situs anda. Dengan melakukan backup maka jika sewaktu waktu terjadi masalah di web maka anda bisa melakukan Restore Data.

2. Membersihkan Plugin

Deactive plugin yang tidak anda gunakan agar tidak menambah beban pada website. Selain itu juga mungkin beberapa plugin yang mengalami konflik dengan webiste bisa mendimbulkan celah yang bisa dimasuki oleh hacker. Deactive plugin yang tidak begitu anda gunakan, dan hapus plugin yang sudah tidak dipakai.

3. Serahkan Masalah Pada Orang Kepercayaan Anda

Mintalah bantuan pada seseorang yang benar benar anda percaya, yaitu seorang yang juga memiliki keahlian dalam dunia webmaster seta bisa menganalisa dan menyimpulkan mana saja celah yang berbahaya bagi web anda kedepannya. Karena jika anda tidak paham dan mencoba memperbaikinya sendiri akan bisa sangat berbahaya jika melakukan tindakan yang salah. Namun jika anda ingin memperbaikinya sendiri maka lakukan backup terlebih dulu.


Pengalaman Terdapat Celah di Sistem Website

Saya sendiri penah mendapatkan nontifikasi dari web openbugbounty.org, awalnya saya kira itu hanya email spam. Setelah ku baca isi email secara keseluruhan dan mengecek link nya langsung, kemudian saya berinisiatif langsung meningkatkan keamanan seperti menghapus beberapa plugin yang berpotensial berbahaya. Selain itu saya juga menghubungi pihak yang melakukan report web saya melalui website openbugbounty. Tidak hanya itu saya juga menanyakan pada seorang teman yang saya percayai dalam mengolah web menanyakan kebenaran hal tersebut.
Awalnya saya tidak begitu percaya namun setelah melihat profilnya ternyata banyak reputasi baik di dalam akunnya. Selain itu orang yang melakukan report juga memiliki nama di Hall Of Fame di Google. Dari situ saya mulai yakin bahwa memang ada yang bermasalah di website saya. Penjelasan celahnya yaitu berupa “Improper Access Control” yang mana ada potensi bahwa celah tersebut mampu membuat orang lain mengambil alih web kita..


"Nah makanya yang punya website yang sudah berkembang seharusnya tingkatkan terus karena sedikit pun celah keamanan/adanya bug pada website itulah sanggat membahayakn website kita...sekian saja dari saya mohon maaf kalau ada kata2 yang salah/menyinggung mohon di maklumi :) 
"Dan buat yangmau copas silahkan tapi sertakan sumbernya karena menulis artikel itu tidak semudah meng copas...
  Waalaikumsalam wr.wb

loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar denggan sopan :')